IDENTITAS PROGRAM STUDI
Perguruan Tinggi | : | Universitas Cenderawasih |
Fakultas | : | Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | : | Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) |
Program Studi | : | Pendidikan Matematika |
Izin | : | No. PC. 389 Tahun 1962 |
Akreditasi | : | Baik Sekali (No. 1217/SK/LAMDIK/Ak/S/XII/2023) |
Gelar | : | Sarjana Pendidikan (S.Pd.) |
VISI
Pada tahun 2030, Program Studi Pendidikan Matematika menjadi program studi yang unggul dan berdaya saing internasional di wilayah Asia Pasifik di bidang pendidikan matematika, berkarakter budaya, dan berwawasan lingkungan.
MISI
- Menyelenggarakan dan mengembangkan perkuliahan pendidikan matematika yang kreatif dan inovatif
- Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian pendidikan dan pembelajaran matematika yang terkini dan tepat guna
- Mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal ilmiah nasional dan internasional
- Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk program pembelajaran matematika yang berbasis budaya
- Mengembangkan kerjasama tingkat nasional dan internasional dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi
TUJUAN
- Menghasilkan lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menghasilkan lulusan yang unggul (berkualitas dan profesional)
- Menciptakan suasana akademik yang sehat untuk mendukung penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi yang didasarkan pada nilai-nilai budaya dan berwawasan lingkungan
- Mengimplementasikan dan mengintegrasikan hasil penelitian dan pengabdian pada pengembangan pembelajaran matematika
- Menghasilkan artikel ilmiah pada jurnal ilmiah nasional dan internasional
- Membangun kerjasama dengan berbagai stake holder (lokal, nasional, internasional) dalam menjawab kebutuhan pengembangan sumber daya manusia di bidang pendidikan matematika
STRATEGI
2022 – 2024
- Terwujudnya suasana akademik yang kondusif dalam penataan pengelolaan program studi
- Mengoptimalkan kinerja dosen dan tenaga kependidikan berdasarkan hasil analisis kebutuhan
- Penyediaan sarana dan prasarana untuk penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi
- Penyediaan sarana teknologi informasi pembelajaran
- Penyusunan perangkat dokumen mutu
- Pengembangan kerjasama lokal, nasional, dan internasional
- Penyusunan kurikulum berbasis KKNI dalam implementasi MBKM
2025 – 2027
- Terciptanya pengembangan pengelolaan program studi yang kondusif
- Meningkatkan kinerja dosen dan tenaga kependidikan
- Pengembangan sarana dan prasarana untuk penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi
- Pengembangan sarana teknologi informasi pembelajaran
- Optimalisasi kinerja Unit Penjaminan Mutu
- Pengembangan kerjasama lokal dan nasional, serta peningkatan penjajakan kerjasama internasional
- Rekonstruksi penyusunan kurikulum berbasis KKNI dalam implementasi MBKM
2028 – 2030
- Pelayanan yang unggul dalam kreativitas dan inovasi pengelolaan program studi yang kondusif
- Meningkatkan kinerja dosen dan tenaga kependidikan yang berdaya saing internasional
- Peningkatan inovasi pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat agar melebihi SNDIKTI dan berdaya saing internasional
- Peningkatan dukungan sarana teknologi informasi dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi
- Pelaksanaan SPMI secara periodik untuk mendukung pencapaian standar kinerja dan budaya mutu
- Peningkatan kuantitas dan kualitas kerjasama internasional
- Rekonstruksi kurikulum secara periodik sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja